Bawa Misi Perdamaian, Kas Koarmada III Lepas 192 Personil Port Visit Task Force Pacifik Selatan - Portal Sidak

Breaking News

Cari Blog Ini

Jumat, 18 Oktober 2024

Bawa Misi Perdamaian, Kas Koarmada III Lepas 192 Personil Port Visit Task Force Pacifik Selatan


Kota Sorong - Bertempat di Dermaga Lantamal XIV Kota Sorong Provinsi Papua Barat Daya, Kepala Staf Komando Armada III Laksamana Pertama TNI Singgih Sugiarto, mewakili Panglima Komando Armada III Laksamana Muda TNI Hersan yang masih berada di Manila Filipina, melepas Port Visit Task Force - South Pacifik ke empat negara yakni Pulau Solomon, Fiji, Vanuatu dan Papua New Guinea (Jumat, 181024).


Dalam pelayaran ke empat negara tersebut, para personil satgas menggunakan Kapal Bantu Rumah Sakit dr Wahidin Sudirohusodo 991. Sebelum melepas personil satgas, Laksma TNI Singgih Sugiarto bersama para PJU Koarmada III, PJU Lantamal XIV, PJU Pasmar 3 serta Pengurus Jalasenastri, terlebih dahulu mengecek langsung kesiapan personil dan material di atas kapal.


Kepala Staf Koarmada III menjelaskan bahwa Satgas Port Visit akan bertugas selama 48 hari, dimana pelepasan awal berlangsung di Jakarta oleh Pangkoarmada RI Laksamana Madya TNI Denih Hendrata mewakili Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali. Dari Jakarta ke Sorong dan hari ini akan dilepas menuju Pulau Solomon, Fiji, Vanuatu dan Papua New Guinea.


"Dari Papua New Guinea, akan kembali ke Sorong pada 25 November 2024. Misi satgas ini adalah diplomasi pertahanan, yaitu misi perdamaian dan memperkuat hubungan diplomasi. Ini merupakan misi pertama dan kedepan diharapkan akan berlanjut, karena akan mengenalkan bangsa kita. Satgas ini berjumlah 192 personil. ABK kapal 141 personil dan satgas 41 personil".


"Dari 41 personil satgas, 10 diantaranya adalah pelajar dari Papua. Dalam  misi ini, setelah bersandar di pelabuhan-pelabuhan negara tujuan, satgas akan melaksanakan bakti kesehatan terbatas, seperti kesehatan umum, kesehatan gigi, donor darah serta pemberian bantuan obat-obatan. Karena misi ini merupakan kerjasama antara Kementerian Pertahanan dan Kementerian Kesehatan", lanjut Laksma TNI Singgih Sugiarto.


Ditambahkannya selain bakti kesehatan, satgas juga akan mengenalkan budaya Indonesia, berolahraga bersama, mengunjungi pejabat di negara tujuan serta jamuan kepada kepada warga dan tamu undangan di negara setempat. Selanjutnya pada kesempatan tersebut, Kas Koarmada III serta para pejabat yang hadir, secara bersama-sama melepas tali-tali kapal dan KRI dr Wahidin Sudirohusodo berlayar menuju Pulau Solomon.


Dalam melakukan misi pelayaran selama 48 hari ke empat negara di Pacifik Selatan tersebut, Kolonel Laut (P) Arif Prasetyo, yang kesehariannya bertugas sebagai Komandan Satuan Kapal Bantu (Dansatban) Koarmada III, mengemban amanah sebagai Komandan Satgas Port Visit 2024. Sedangkan untuk Kapal Bantu Rumah Sakit KRI dr Wahidin Sudirohusodo 991, di nahkodai oleh Letkol Laut (P) Edi Herdiana