Wawasan Kebangsaan dan Belanegara menjadi penekanan Babinsa Koramil 1802-01/Sorong Kota di Balai Pelatihan Tenaga Kerja. - Portal Sidak

Breaking News

Cari Blog Ini

Senin, 27 Maret 2023

Wawasan Kebangsaan dan Belanegara menjadi penekanan Babinsa Koramil 1802-01/Sorong Kota di Balai Pelatihan Tenaga Kerja.

 

Sorong. Papua Barat Daya. Senin (27/03/2023),- Wawasan Kebangsaan  tentang bela negara adalah fundamental bernegara dalam meningkatkan kecintaan setiap warga suatu negara. Demikian pentingnya Waswasan kebangsaan maka, Koramil 1802-01/Sorong kota diundang memberikan materi Wasbang Bela Negara bertempat di Balai Latihan Kerja Kota sorong.

 

Dalam kegiatan Pelatihan yang dilakukan oleh Instansi pelatihan ketenaga kerjaan ini diikuti oleh 80 Orang peserta latihan. Pelatihan tenaga kerja ini di maksudkan untuk memberikan bekal kemampuan pada tiap individu dengan harapan kemampuan tersebut dapat dipakai dalam dunia kerja.

 

Dengan tertib dan penuh perhatian para peserta Pelatihan mendengarkan pemaparan dari Sersan Kepala (Serka) Ibnu yang kesehariannya bertugas sebagai Babinsa Kelurahan Sawagumu. Dalam pemaparaanya Serka Ibnu mengatakan bahwa keutuhan suatu Negara bukan saja ditentukan oleh seberapa kuat kemampuan Militer Negara tersebut tetapi juga dipengaruhi oleh kekuatan tiap individu warga Negara tersebut.

 

Lebih lanjut Babinsa Sawagumu ini berkata “Ancaman suatu Negara bukan saja datang dari luar Negara tetapi juga bisa datang dari dalam Negara itu sendiri dan hal ini yang sulit diprediksi ketika bangsa sendiri melakukan hal yang bertolak belakang dengan keutuhan suatu Negara dan atau kebangsaan. Gangguan mungkin saja timbul karena minimnya pengetahuan akan wawasan kebangsaan dan bela negera.

 

“Penjelasana ini sangat bagus, membuat kami mengerti banyak hal baru”. Kata Angeline, seorang  peserta kepelatihan tenaga kerja. Lanjutnya, “Dari penjelasan ini kami mempunyai wawasan dan mengerti tentang Bela Negara, bahwa kami setiap warga mempunya kewajiban untuk membela Negara dalam segala bidang dan jurusan serta kemampuan yang dimiliki. Tutupnya.