Koramil 1802-07/Aimas Dukung Arak-arakan Ogoh-ogoh menjelang perayaan Hari Raya Nyepi. - Portal Sidak

Breaking News

Cari Blog Ini

Senin, 27 Maret 2023

Koramil 1802-07/Aimas Dukung Arak-arakan Ogoh-ogoh menjelang perayaan Hari Raya Nyepi.

Sorong. Papua Barat Daya. Senin (27/03/2023),-  Ogoh-ogoh adalah karya seni patung yang diarak keliling saat menjelang Hari Raya Nyepi. Ogoh-ogoh melambangkan sebuah tokoh Hindu bernama Bhuta Kala. Ogoh-ogoh akan diarak keliling desa oleh sekelompok masyarakat hingga malam sebelum Hari Raya Nyepi. Arakan ogoh-ogoh akan diiringi gamelan Bali yang disebut bleganjur.

 


Dalam menunjang kegiatan keagamaan ini, Koramil 1802-07/Aimas turut memberikan support dengan memerintahkan 2 orang Babinsa  Koptu Hernoto dan Kopda Puryanto guna mendukung pelaksanaan arak-arakan Ogoh-ogoh yang berlokasi di Jalur Bali Kelurahan Malagusa Distrik Aimas Kabupaten Sorong.

 

Bagi umat Hindu, patung ogoh-ogoh merupakan simbol keburukan sifat manusia serta hal negatif alam semesta. Setelah diarak, ogoh-ogoh akan dimusnahkan dengan cara dibakar dalam prosesi tawur agung kesanga sebelum umat Hindu melakukan tapa brata penyepian. Babinsa Aimas, Koptu Hernoto mengatakan “Dalam perayaan perayaan ini sangat diharapkan berjalan dengan tertib serta berjalan lancer hingga selesainya giat arak arakan ini”

 

Terlihat antusiame warga sekitar yang ingin melihat semaraknya kegiatan arakan ogoh-ogoh berdiri disepanjang jalan. Kegiatan dapat berakhir dengan lancar dan berakhir dengan baik berkat partisipasi banyak pihak yang bekerja sama dalam kelancaran pawai ogoh ogoh.