Dandim 1802/Sorong Hadiri Rapat Koordinasi Tim Reaksi Cepat (Trc) Penangulangan Bencana Kab Sorong Tahun 2021 - Portal Sidak

Breaking News

Cari Blog Ini

Rabu, 27 Januari 2021

Dandim 1802/Sorong Hadiri Rapat Koordinasi Tim Reaksi Cepat (Trc) Penangulangan Bencana Kab Sorong Tahun 2021

Sorong, Papua Barat. – Komandan kodim 1802/Sorong Letkol Inf Budiman, SE, M.I.Pol, MM menghadiri Rapat Koordinasi Tim Reaksi Cepat (Trc) Penangulangan Bencana Kab Sorong Tahun 2021 yang di selenggaraka di Aula Baperlitbang Kabupaten Sorong Jalan Sorong Klamono Km 24, Kelurahan Klamesen, Distrik Mariat, Kabupaten Sorong Rabu (27/01/2021).

 

Rapat koordinasi Tim Reaksi Cepat (TRC) Penangulangan bencana di Kabupaten Sorong tahun 2021 dipimpin oleh Suka Harjono, S.Sos.M.Si selaku Wakil Bupati Kabupaten Sorong dan di ikuti ± 50 orang.

Mengawali rangkaian kegiatan Wakil Bupati Kabupaten Sorong Suka Harjono, S.Sos.M.Si menyampaikan.Apel siaga bencana adalah untuk mempersiapkan perangkat yang kita miliki Jangan sampai ketika terjadi sesuatu nanti perangkat kita justru bermasalah Maka kesiagaan kita diperlukan karena sewaktu-waktu bencana bisa terjadi.

Jalinan komunikasi ini sangat penting jika nanti terjadi sesuatu Maka pada kesempatan ini bagi teman teman yang memiliki tupoksi maka HP harus standby 24 jam.

Diwaktu yang berbeda Komandan kodim 1802/Sorong Letkol Inf Budiman, SE, M.I.Pol, MM menyampaiakan, Bahwa dalam penanggulangan bencana sesuai amanat UU ada tahap pra bencana, tanggap darurat, dan pasca bencana yang seluruh tanggungjawab ada di Bupati Sedangkan kami unsur vertikal membackup dan support.

Yang kita masuki adalah tahap pra bencana dalam tahap ini lebih maksimal jika kita siapkan dengan baik agar resiko bisa kita minimalisir Kebanyakan pengalaman yang sering kita hadapi ada korban meninggal karena ketidaktahuan kita.

Maka sosialiasi perlu diberikan kepada masyarakat Dalam hal ini mungkin kedepan masalah kebencanaan harus masuk dalam struktur dan kurikulum sekolah Sehingga anak sekolah nanti paham akan apa yang harus dilakukan jika ada bencana.

Kebanyakan korban justru bukan karena bencananya namun karena ketidaktahuan Maka saran kami agar BMKG dan BPBD memberikan kurikulum protokol bencana alam kepada masyarakat agar warga negara paham cara-cara penyelamatan.

Tahap pra bencana kami juga siap membantu untuk melakukan sosialisasi Saya juga mendorong nanti kita melakukan apel gelar kesiapan di Kab Sorong banyak SDM namun jangan sampai tidak terkoordinasi dengan baik.

Ini momen baik maka nanti kita tamu karena potensi di Kab Sorong sudah cukup baik Kalau bisa gelar pasukan paling lambat Minggu depan sudah kita lakukan Kita juga harus punya command center dan BPBD sebagai leading sektor sehingga wilayah rawan bencana nanti bisa kita lihat.

Langkah selanjutnya setelah gelar nanti adalah latihan Nanti jangan sampai ketika di lapangan stakeholder yang bertugas tidak sinkron Ini perlu kita laksanakan sehingga awareness kita bisa kita laksanakan dengan baik.

Turut hadir dalam kegiatan  Kolonel Inf. Slamet Supriyanto (Kasiops Korem 181/PVT), Letkol Mar Bejo Santoso, S.E., M.Tr. Opsla (Danyonmarhanlan XIV),Mayor Laut (P) Andi Hermanto, S.E., M.Tr. Opsla (Dantim Intel Lantamal XIV), Kompol Syarifurrahman SIK (Kabag Ops Polres Sorong), Aminadab Lobat, S.AN, M.Si

(Badan Penanggulangan Bencana Daerah), Fredrik Atanay, S.Sos, M.Si (Kepala Dinas Sosial Kab Sorong), Suroso, S.Ip. M.Si (Plt. Kepala Dinas Satpol PP kab. Sorong), Ir. Hendrikus Momot, M.Sc (Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman),Herizet St (Plt Kepala Dinas PUPR Kab Sorong), Adri B. Timban, SH (Kakesbangpol kab. Sorong), Marthen Nebore. S Sos MS (Dinas Kominfo dan Persandian), Amatus Turot, S.Hut, M.Si (Plt. Kepala Dinas Sosial Kab. Sorong), Hadi Sutanto (Kasi Ops Basarnas Kota Sorong), Dr Frida Susana Wananne (Direktur RSDU Kab. Sorong), Kllas Osok S.Sos Msi (Ketua Palang Merah Indonesia Kab Sorong), Agus j. latumahina S.Sos. M.Si (Sekretaris Dinas Kominfo Kab. sorong), Ronny Kalesaran (Plt. Dinas Kesehatan Kab Sorong), Djusman Musiin Sip Msi (Kabag Umum Kab. Sorong), Rully Oktobia Hermawan (Kepala Stasiun Geofisika),Indar Waluyo (Kepala Stasiun Meteologi),  Paulus Tesa T (Perum Bulog), Yuri S.Sos (Kadistrik Aimas), Ahmad Daroji ( Kadistrik mariat ), Amta Katale (PMI Kab Sorong)