Pengukuhan Dan Pelantikan Badan Pengurus Daerah Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (BPD KKSS) Kota Sorong Periode 2020 – 2025. - Portal Sidak

Breaking News

Cari Blog Ini

Senin, 14 Desember 2020

Pengukuhan Dan Pelantikan Badan Pengurus Daerah Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (BPD KKSS) Kota Sorong Periode 2020 – 2025.


Sorong. - Bertempat di Gedung Serbaguna Yonif RK 762/VYS, Jln. Basuki Rahmat Km 10, Kelurahan Klawalu, Distrik Sorong Timur, Komandan Kodim 1802/Sorong Letkol Budiman, S.E., M.I.Pol., M.M, menghdiri kegiatan Pengukuhan dan Pelantikan Badan Pengurus Daerah Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan ( BPD KKSS ) Kota Sorong Periode 2020 – 2025, Dengan Thema "Mari Jadikan Perbedaan Yang Ada Menjadi Tiang Yang Kuat Dan Kokoh, Agar Bisa Menjaga Persatuan Dan Membangun Kota Sorong" yang dipimpin oleh langsung oleh Gubernur Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan, Sabtu (12/12/2020).

 

Ketua BPW KKSS Prov. Papua Barat H Nurjaya dalam sambutannya mengatakan, KKSS merupakan Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan yang berdiri di Kota Sorong sejak tahun 1969 sudah berada di Kota Sorong, para pendiri nya sudah sebagian besar almarhum dan sampai pada saat ini tetap secara bergilir melakukan pergantian dari pada kepengurusan.

 

“Kepengurusan ini sudah semakin banyak warga KKSS yang berada di Sorong sekitar 5000 dan sekitar 2000 sudah berrumah tangga dan masih banyak lagi warga KKSS yang belum cukup dewasa mungkin tahun-tahun berikutnya kita akan melakukan inventarisasi lagi, kalau kita lihat potensi secara kuantitatif dan kualitatif,” ucap H Nurjaya

 


Selain itu, Peran serta warga KKSS sesuai dengan bidang profesi masing-masing sehingga merupakan suatu kenyataan bahwa kontribusi terhadap pembangunan di Kota Sorong dan Papua Barat pada umumnya cukup memberikan peran yang besar dalam rangka mengangkat dan menaikkan pendapatan asli daerah rata-rata warga pelaku ekonomi dalam berbagai aktivitasnya begitu memiliki kesungguhan dan dengan sabar menunggu di berbagai kegiatan kesehariannya profesinya sehingga dapat kita saksikan kesehariannya.

 

“Warga KKSS banyak yang berupaya mengakomodir berbagai potensi, kita kembangkan secara efektif dan berinteraksi secara sosial yang ada di Kota Sorong baik dari suku manapun dan terhadap OAP dapat memberikan kontribusi di dalam membantu Pemerintah memajukan pembangunan di segala bidang, kita berada di perantauan kita harus menjaga harga diri kita dan jangan coba-coba memicu permasalahan atau membuat suatu masalah menjadi rumit marilah hidup secara damai dan berdampingan akan membawa Kota yang maju,” ucapnya.

 

Di tempat yang sama Gubernur Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan mengungkapkan, bahwa melalui pesan leluhur orang Bugis yang berbunyi sipakatau sipakalebbi artinya saling menghormati dan menghargai, maka saya yakin warga KKSS akan menjadi contoh kepada warga lain di Kota Sorong Yang merupakan satu kesatuan masyarakat dalam membangun kota Sorong khususnya.

 

“Warga KKSS tetap mempunyai hak sesuai undang-undang yang berlaku di negara Republik Indonesia Oleh karena itu saya berharap pengurus akan terus menjalin komunikasi melakukan silaturahmi dengan seluruh paguyuban yang ada di kota Sorong sehingga keharmonisan dan hubungan baik dan efisien ini bisa terus terpelihara tumbuh dan berkembang dengan baik,” kata Dominggus Mandacan

 


Sebagaimana bunyi peribahasa dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung dengan semangat dan salam sejahtera untuk semua dan di manapun kita berada harus saling menghormati antara sesama suku di kota Sorong maka dengan demikian kita semua akan terhindar dari benturan benturan antara satu Suku dengan suku lainnya.

 

Pada kesempatan tersebut Gubernur mengajak kepada semua yang hadir supaya terus menjalin persaudaraan yang sudah di bangun selama ini saya juga mengajak seluruh warga agar senantiasa menjaga kerukunan dan kekeluargaan antara etnis suku yang ada di kota Sorong.

 

“Warga KKSS yang sudah memberikan kontribusi yang besar bagi pembangunan dan kemajuan Indonesia pada umumnya tetapi juga Tanah Papua dan Papua Barat dan juga kabupaten kota termasuk kota Sorong yang telah memberikan kontribusi walau sekecil apapun yang diberikan maka marilah kita memberikan penghargaan dan penghormatan kepada warga KKSS yang selama ini sudah memberikan kontribusi bagi Kemajuan pembangunan di tanah Papua, ucapnya

 

Mengakhiri sambutannya, Gubernur Papua Barat mengajak kita semua untuk menjaga toleransi kerukunan agar kebersamaan persatuan kesatuan ini tetap terjaga sebagai modal kita membangun Indonesia pada umumnya dan membangun Papua Barat.

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Danrem 181/PVT Brigjen TNI Indra Heri, SE, Kadispen Koarmada III Kol Laut (KH) Abdul Kadir, Dandim 1802/Sorong Letkol Budiman, S.E., M.I.Pol., M.M, Danyon RK 762/VYS Letkol Inf. Charlie Clay L. Sondakh S.E, Walikota Sorong Drs. EC Lamberthus Jitmau, MM, Anggota DPD RI/MPR RI M. Sanusi Rahaningmas, S.Sos, M.MSIP, Ketua DPRD Kota Sorong Petrolena Kambuaya, S.Pd.,M.Pd, Sekda Kota Sorong Drs. Yakob Kareth,M.Si., Asisten 1 Bid  Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Kota Sorong Rahman, S.STP, M.Si, Kesbangpol Kota Sorong Hendrikus Momot. SE, Kepala Damkar Kota Sorong Ridwan Iribaram, Ketua BPD-KKSS Kota Sorong Syamsuddin Djohan S.H, Sekertaris BPD-KKSS Kota Sorong Syarifuddin, SE, Bendahara BPD-KKSS Kota Sorong Ir. Natsir Chandra, Para sesepuh KKSS Kota Sorong, Ketua Suku Lintas Papua Yeremias Naw, Perwakilan masing-masing Ketua Perkumpulan, serta Warga KKSS Se-Sorong Raya.