TNI-Polri Dan Pemda Tanam 2045 Pohon Dan Kibarkan 2045 Bendera Merah Putih di Puncak Bukit Aduh Mama - Portal Sidak

Breaking News

Cari Blog Ini

Selasa, 01 September 2020

TNI-Polri Dan Pemda Tanam 2045 Pohon Dan Kibarkan 2045 Bendera Merah Putih di Puncak Bukit Aduh Mama

Kota Sorong (31/8) PS: TNI-Polri bersama dengan Pemerintah Kota Sorong, Pemerintah Kabupaten Sorong serta berbagai elemen masyarakat yang ada di Kota/Kabupaten Sorong melaksanakan kegiatan penghijauan dan pengibaran bendera Merah Putih. Penghijauan dengan cara menanam 2045 pohon yang di gagas Korem 181/Praja Vira Tama melalui Komandan Korem 181/PVT Brigjen TNI Yulius Selvanus ini, bertempat di Puncak Bukit Aduh Mama Kota Sorong.

Selain melakukan penanaman 2045 pohon, TNI-Polri bersama Pemda dan masyarakat juga melakukan pengibaran bendera Merah Putih sebanyak 2045 buah. Menurut Danrem, kegiatan tersebut masih dalam rangkaian memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 75. Selain itu, beberapa waktu lalu Kota Sorong mengalami musibah banjir dan tanah longsor. "Oleh sebab itu dilakukan penghijauan atau dilakukan penanaman pohon di Puncak Bukit Aduh Mama ini", jelas Danrem.

Ditambahkan Danrem bahwa kegiatan penanaman pohon akan rutin dilaksanakan, selagi masih ada bibit pohon. "Kami akan terus lakukan penanaman pohon ini, sampai Bukit Aduh Mama ini menjadi hijau kembali dan bukan hanya ditanam, tapi juga akan dirawat. Kenapa 2045 pohon? Hitungannya adalah 17 08 2020. Jika dijumlahkan maka hasilnya 2045. Sama halnya dengan pengibaran bendera sebanyak 2045 buah", jelas Danrem.

Kepala Badan Lingkungan Hidup kota Sorong Julian Kelly Kambu menjelaskan jika dalam kajian, Kota Sorong terletak pada sesar Sorong dalam artian rawan bencana seperti banjir, longsor, tanah bergerak dan gempa. "Beberapa waktu lalu kita semua menjadi saksi, dimana air dari gunung turun dan terjadi banjir di Kota Sorong. Jadi terobosannya adalah melakukan penghijauan. Kita kembalikan fungsi mata air melalui penghijauan", ujarnya.

Wakil Bupati Kabupaten Sorong Suka Harjono pada kesempatan tersebut mengapresiasi Danrem 181/PVT serta jajaran TNI-Polri yang bersatu padu dengan pemerintah serta masyarakat dalam menjaga keamanan. Wakil Bupati menyoroti bahwa bendera Merah Putih harus selalu berkibar, demi tegaknya NKRI. "Dengan semangat HUT Kemerdekaan RI ke 75, bendera Merah Putih harus terus kita tancapkan", ujarnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Kepala Staf Koarmada III Laksma TNI Maman Firmansyah, Danlantamal XIV Brigjen TNI Mar Markos SE, Kasrem 181/PVT Kolonel Inf I Wayan Sandi Susila, Asintel Pasmar III Kolonel Mar Ferdi Erwin Takaendengan, Aspotmar Danlantamal XIV Kolonel Laut (P) Teddy Barata, Kabintal Lanud Manuhua Letkol Sus Drs. A. Ritonga, pejabat TNI-Polri, Ketua Persit KCK Koorcab Rem 181 PD XVIII/Kasuari Ny. Anik Yulius Selvanus, Wakil Ketua Ny. I Wayan Sandi Susila berserta pengurus dan berbagai elemen masyarakat. /Jacob