LANAL TERNATE BANTU SAR KAPAL IKAN KM LESTARI - Portal Sidak

Breaking News

Cari Blog Ini

Senin, 11 Maret 2019

LANAL TERNATE BANTU SAR KAPAL IKAN KM LESTARI




Sorong, 11 Maret 2019. Pangkalan TNI AL (Lanal) Ternate laksanakan bantuan pencaharian dan pertolongan kapal ikan yang mengalami mati mesin  dan patah kemudi di perairan Pulau Makian Halmahera Selatan. Dalam hal ini Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Ternate Kolonel Laut (P) Whisnu Kusardianto S.E., M.H. mengirim 2 personel membantu kantor Sar Ternate. Kapal ikan KM Lestari yang mengalami musibah mati mesin dan patah kemudi bertolak dari pelabuhan perikanan Bastiong tujuan perairan Bacan pada hari Minggu lalu dengan tujuan memancing.

Berita kecelakaan kapal ikan KM. Lestari diterima kantor SAR Ternate yang sampaikan oleh bapak Sahriman Seh dari BPBD Provinsi Malutn “Kapal ikan yang bertonage 42 GT yang diawaki oleh 26 orang penumpang yang on board dengan membawa muatan es batu bermaksud memancing ikan di perairan pulau Bacan namun dalam perjalanan di perairan sekitar pulau Makian cuaca buruk dan angin kencang menghantam Kapal sehingga kapal mengalami mati mesin dan patah kemudi pada posisi koordinat 00°15'33.71" U - 127°20'31.48" T”.

Tim SAR gabungan berangkat melaksanakan pencarian dan pertolongan serta evakuasi dengan menggunakan KN. SAR 237 Pandu Dewanata dengan personel SAR yang on board antara lain Lanal Ternate 2 Personel, Kantor SAR Ternate, Polairud Polda Malut 1 Personel, Mapala Stikip Ternate, Mapala IAIN. Lebih lanjut Danlanal Ternate mengatakan bahwa Tim Sar gabungan berhasil menemukan posisi Kapal KM. Lestari dan dilaksanakan evakuasi dengan cara kapal ikan tersebut di tarik oleh Kapal KN.P 358 KPLP Ternate menuju pelabuhan Ternate dan tiba di perairan pelabuhan dengan awak kapal selamat.

DISPEN LANTAMAL XIV