KOARMADA III SELENGGARAKAN LATIHAN PRATUGAS PENGAMANAN PEMILU 2019 - Portal Sidak

Breaking News

Cari Blog Ini

Kamis, 07 Februari 2019

KOARMADA III SELENGGARAKAN LATIHAN PRATUGAS PENGAMANAN PEMILU 2019

Sorong, (7/2) Portalsidak.com - Komando Armada III menyelenggarakan Latihan Pratugas Pengamanan Pemilihan Presiden dan Legislatif  tahun 2019 yang dibuka secara resmi oleh Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI I N.G. Ariawan, S.E., M.M., di Koarmada III Jl. Bubara No. 1 Kel. Klaligi, Distrik Sorong Manoi, Kota Sorong, Papua Barat, Senin 28 Januari 2019. Latihan Pratugas Pengamanan Pemilu Koarmada III dan jajaran (Lantamal/Lanal jajaran Koarmada III) dilaksanakan selama kurang lebih dua minggu.

Panglima Koarmada III Laksda TNI I N.G. Ariawan, S.E., M.M., juga sebagai Direktur Latihan antara lain mengatakan, latihan Pratugas Pengamanan Pemilu ini pada hakekatnya merupakan bentuk latihan operasi dukungan kepada Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat serta Polri dengan memproyeksi kekuatan SSAT yang terdiri dari KRI, Pesawat Udara, Pasukan Marinir, dan Pangkalan TNI AL.
Latihan Pratugas ini juga merupakan wujud dari tanggung jawab dan pengabdian kita dalam menjaga keutuhan NKRI, sekaligus sebagai sarana uji terampil guna meningkatkan kualitas kemampuan dan profesionalisme prajurit dalam menjalin kerjasama antar unsur-unsur SSAT Koarmada III dengan instansi terkait dalam menghadapi segala bentuk ancaman serta gangguan yang timbul pada kondisi yang sebenarnya.

Latihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan satuan jajaran Koarmada III agar memiliki kemampuan dan keterampilan yang handal dalam melaksanakan tugas pengamanan Pemilu secara berhasil dan berdaya guna dalam rangka terwujudnya kesiapsiagaan operasional satuan jajaran wilayah kerja KOARMADA III.

Latihan Pratugas Pengamanan Pemilihan Presiden dan Legislatif  tahun 2019 meliputi berbagai materi, diantaranya Komando, Komando, K3I (Komando, Kendali, Komunikasi dan Informasi, aplikasi pengamanan Pemilu, komunikasi social, pembinaan ketahanan wilayah; pengetahuan umum tahapan penyelenggaraan Pemilu; teknik prosedur dan mekanisme permintaan dan pemberian bantuan kepada Polri dalam rangka Kamtibmas. Kemudian materi lapangan Prosedur, Pengerahan Pasukan untuk melaksanakan Pengamanan Pemilu (Dakhura).